MAHASISWA BERPRESTASI #1: Inovasi Aplikasi Edukasi Wisata Halal Berbasis Maqashid Syariah Sebagai Solusi Mewujudkan Sustainable Development Goals 2045

National Education Competition (NEC) 2.0 yang digagas oleh Eduhub Incubator bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa TI (HIMTI) Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan yang dilaksanakan 12-13 Mei 2024 ini, dibuka oleh Dekan Fakultas Sainteks, Husni Tedja Sukmana S.T, M. Sc, Ph.d, didampingi Wakil Dekan 3 Khodijah Hulliyah, M.Si, Ph.D, dan Kaprodi TI, dr. Dewi Khairani M.Sc. Kegiatan yang mengusung tema, "Muda Berkarya Muda Mendunia", bertujuan untuk membangun generasi muda yang cerdas dan kritis dengan meningkatkan minat dan bakat dalam bidang penulisan. Kompetisi ini sebagai wadah untuk berdemonstrasi dalam kecakapan akademis, sekaligus memberikan kesempatan para mahasiswa mengembangkan pola pikir kritis dan keterampilan komunikasi. NEC 2.0 diikuti 1.605 total partisipan dari 72 universitas yang tersebar pada 30 provinsi di Indonesia.   

 

Program studi Pendidikan Ekonomi FEB UNY di wakili oleh Dzaki Rambe (ketua), Indah Lestiyaningsih (anggota), Risda Emilia Harahap (anggota). Ide mereka berangkat dari keresahan saya melihat berita tentang dari 300 ribu pelaku UMKM di Yogyakarta hanya 0,1 persen yang memiliki sertifikat halal dari 300 ribu pelaku UMKM. Hal itu didukung oleh pernyataan Direktur Halal Center Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) sekaligus Auditor Halal LPPOM Majelis Ulama Indonesia Provinsi DIY, Nanung Danar Dono mengungkap tingginya kontaminasi daging halal oleh daging haram di Jogja.

Dari permasalahan tersebut, tercetuslah ide essay kami yang berjudul "EDULTRIP (Education Halal And Trip): Inovasi Aplikasi Edukasi Wisata Halal Berbasis Maqashid Syariah Sebagai Solusi Mewujudkan Sustainable Development Goals 2045". Edultrip merupakan sebuah aplikasi pelatihan dan jasa pembuatan sertifikat halal untuk para pelaku UMKM, pelatihan skill dasar untuk para pelaku UMKM, dan paket perjalanan wisata halal di Yogyakarta. Berkat perjuangan yang gigih dan kreatif tim, mereka dapat pulang dengan bangga karena menyabet juara 2 (Silver Medal).